Home » Sambutan » Sambutan Lain » Sabutan Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2010
 

Main menu

Online Support

Administrator:

Mulai senin s/d Jumat
Jam 09.00 s/d 15.00
Email ke :
admin@tojounaunakab.go.id
info@tojounaunakab.go.id

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday94
mod_vvisit_counterYesterday379
mod_vvisit_counterThis week473
mod_vvisit_counterLast week2602
mod_vvisit_counterThis month2057
mod_vvisit_counterLast month8729
mod_vvisit_counterAll608167

Online (20 minutes ago): 8
Your IP: 172.102.1.2
,
Today: Des 05, 2016
Sabutan Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2010 PDF Cetak E-mail
Ditulis oleh Departemen Pendidikan   
Jumat, 26 November 2010 07:35

SAMBUTAN

MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL

PADA UPACARA PUNCAK PERINGATAN

HARI GURU NASIONAL TAHUN 2010

DAN HARI ULANG TAHUN PGRI KE 65

TANGGAL 25 NOVEMBER 2010

 

Assalamu ‘alaikum war. Wab. 

Salam sejatera bagi kita semua

 

PUJI SYUKUR SENANTIASA KITA PANJATKAN KEHADIRAT ALLAH SWT, TUHAN YANG MAHA ESA, ATAS SEGALA NIKMAT DAN KARUNIA-NYA, SEHINGGA KITA SEMUA PADA HARI INI DAPAT MELAKSANAKAN HARI GURU NASIONAL (HGN) TAHUN 2010 BERSAMAAN DENGAN HARI ULANG TAHUN PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA (HUT-PGRI) YANG KE 65.

DALAM KESEMPATAN YANG BERBAHAGIA INI, KAMI MENYAMPAIKAN SELAMAT HARI GURU KEPADA GURU SELURUH INDONESIA YANG SAYA BANGGAKAN, SEKALIGUS SELAMAT HARI ULANG TAHUN KE 65 PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA YANG JATUH PADA HARI INI, 25 NOVEMBER 2010, MUDAH-MUDAHAN PARA GURU SELALU MAMPU MEMBERIKAN YANG TERBAIK BAGI BANGSA DAN NEGARA.

HADIRIN YANG SAYA HORMATI

SETIAP KALI MEMPERINGATI HARI-HARI NASIONAL SEPERTI HARI GURU NASIONAL INI ADA 3 (TIGA) HAL PENTING YANG BISA DI PETIK, YAITU:

PERTAMA, MERUPAKAN MOMENTUM YANG TEPAT UNTUK MERENUNGKAN ATAU MEREFLEKSIKAN DIRI TERHADAP PERJALANAN DAN LANGKAH PANJANG YANG TELAH DILALUI, INI BERKAIT DENGAN CITA-CITA AWAL YANG MENDORONG LAHIRNYA HARI GURU NASIONAL. SEBUAH CITA-CITA YANG SAAT ITU DICIRIKAN DENGAN SEMANGAT KESEDIAAN DIRI UNTUK MEMBERIKAN LEBIH DARI KEWAJIBANNYA, DAN MENERIMA KURANG DARI HAK-HAKNYA, DISERTAI DENGAN KEYAKINAN BAHWA PEMBERIAAN YANG LEBIH DAN PENERIMAAN YANG KURANG ITU DI JADIKAN SEBAGAI INVESTASI KEMASYARAKATAN, YANG INSYA ALLAH PADA SAATNYA AKAN DI PEROLEH KEMANFAATAN LEBIH.

KEDUA, BERSAMAAN DENGAN UPAYA REFLEKTIF TERSEBUT, ADALAH UPAYA UNTUK INTROSPEKSI DIRI TERHADAP PERJALANAN YANG SELAMA INI TELAH DI LAKUKAN. INTROSPEKSI DALAM KONTEKS KEKINIAN, DISAAT KITA MEMPERINGATI HARI GURU NASIONAL KALI INI, KIRANYA MASIH RELEVAN UNTUK SELALU DIKUMANDANGKAN, UNTUK MEMPERCEPAT PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN KITA.

KETIGA, SEBAGAI UPAYA UNTUK MENATAP MASA DEPAN YANG LEBIH BAIK ATAU ANTIPATIF, SEHINGGA SEBUAH CITA-CITA LUHUR SAAT DIGAGASNYA NILAI-NILAI YANG KINI DIJADIKAN TONGGAK PERINGATAN HARI GURU NASIONAL, BISA TERUS TERJAGA. INTINYA, KITA MEMANG SELALU DAN INGIN SELALU UNTUK BISA MEMBERIKAN  MAKNA DALAM TIAP KALI MEMPERINGATI SEBUAH TONGGAK PERISTIWA, SEBAGAIMANA HALNYA HARI GURU NASIONAL HARI INI.

HADIRIN SEKALIAN YANG BERBAHAGIA,

PADA KESEMPATAN INI, KAMI JUGA INGIN MENYAMPAIKAN UCAPAN TERIMA KASIH DAN  PENGHARGAAN YANG SETINGGI-TINGGINYA ATAS PRESTASI, DEDIKASI, KOMITMEN, KEIKHLASAN, DAN PENGABDIAN PARA GURU KEPADA BANGSA DAN NEGARA  UNTUK MENCERDASKAN KEHIDUPAN BANGSA DI SELURUH PELOSOK TANAH AIR. DENGAN PERINGATAN HARI GURU NASIONAL TAHUN 2010 DAN HUT PGRI KE 65 INI, KAMI MENGHARAPKAN DUKUNGAN AKTIF SELURUH PEMANGKU KEPENTINGAN DALAM MEWUJUDKAN TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL DAN PENGOPTIMALAN PERAN GURU, SESUAI DENGAN TEMA PERINGATAN TAHUN INI “Memacu Peran Strategis Guru Dalam Mewujudkan Guru Yang Profesional, Bermartabat, Dan Sejahtera”.

SUDAH MENJADI KESADARAN PEMERINTAH DAN KITA SEMUA, BAHWA GURU MERUPAKAN FAKTOR PENENTU UTAMA PROSES PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN. TIDAK ADA GURU TIDAK ADA PENDIDIKAN. HANYA DENGAN SENTUHAN GURU YANG PROFESIONAL BERMARTABAT, DAN SEJAHTERA, ANAK-ANAK BANGSA AKAN MENERIMA PROSES PEMBELAJARAN YANG  MENDIDIK DAN BERMUTU.

OLEH KARENA ITU PERINGATAN HARI GURU NASIONAL TAHUN 2010 DAN HUT PGRI  KE 65 TAHUN INI MEMILIKI MAKNA PENTING, KARENA PEMERINTAH SEDANG DAN AKAN TERUS SECARA SUNGGUH-SUNGGUH BERUPAYA MEMBERDAYAKAN GURU AGAR BENAR-BENAR BERKEMBANG SECARA PROFESIONAL DENGAN MENINGKATKAN KUALIFIKASI, KOMPETENSI, KESEJAHTERAAN, DAN PERLINDUNGAN BAGI MEREKA SEBAGAIMANA DIAMANATKAN DALAM UNDANG-UNDANG NOMOR 14 TAHUN 2005 TENTANG GURU DAN DOSEN DAN PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 74 TAHUN 2008 TENTANG GURU.

HADIRIN YANG SAYA HORMATI,

PEMERINTAH MENYADARI BAHWA TIDAK MUDAH MENYEDIAKAN GURU YANG PROFESIONAL DALAM JUMLAH YANG MENCUKUPI. KETIDAKCERMATAN DALAM PROSES REKRUTMEN CALON GURU, PROSES PENYIAPAN CALON GURU DI JENJANG PENDIDIKAN PRAJABATAN (PRESERVICE TRAINING) HINGGA PROSES REKRUTMEN, PENEMPATAN, PELATIHAN DALAM JABATAN (INSERVICE TRAINING) DAN PROSES SUPERVISI KINERJA GURU MERUPAKAN SIKLUS YANG PERLU DIBENAHI DENGAN SUNGGUH-SUNGGUH SECARA BERKELANJUTAN.

PEMERINTAH, PEMERINTAH DAERAH, DAN PENYELENGGARA PENDIDIKAN TIDAK PERNAH BERHENTI BERUPAYA MENINGKATKAN PROFESIONALITAS DAN KESEJAHTERAAN GURU. SECARA BERTAHAP DAN BERKESINAMBUNGAN PIHAK-PIHAK YANG BERKEPENTINGAN INI AKAN MELAKSANAKAN PENINGKATAN KUALIFIKASI DAN MELAKUKAN SERTIFIKASI PROFESI GURU SEBAGAI BAGIAN DAN STANDARDISASI KOMPETENSI GURU SECARA NASIONAL. KEPADA GURU-GURU YANG SUDAH MEMILIKI SERTIFIKAT  PROFESI, PEMERINTAH MEMBERIKAN TUNJANGAN PROFESI  SEBAGAI BAGIAN DARI UPAYA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN GURU.

MELALUI PEMBERIAN TUNJANGAN DAN DITERAPKAN SERTIFIKASI GURU DAN PENGEMBANGAN KEPPROFESIAN BERKELANJUTAN SEBAGAI BAGIAN DARI PENETAPAN KEBIJAKAN GURU SEBAGI PROFESI, PEMERINTAH BERHARAP KUALIFIKASI, KOMPETENSI, KESEJAHTERAAN, HARKAT DAN MARTABAT, SERTA PERLINDUNGAN GURU DAPAT DITINGKATKAN, SEHINGGA GURU DAPAT MENJALANKAN TUGAS DENGAN BAIK, DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN NASIONAL.

SAUDARA-SAUDARA PARA GURU YANG SAYA  BANGGAKAN,

PRESTASI, KETELADANAN, DAN KEPELOPORAN PARA GURU YANG DITUNJUKAN SEMASA AWAL KEBANGKITAN NASIONAL HINGGA SEKARANG ADALAH SEMANGAT DAN TRADISI PERJUANGAN YANG PERLU TERUS MENERUS KITA SELARASKAN SEIRING DENGAN CEPATNYA PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN, TEKNOLOGI, SENI DAN BUDAYA. UNTUK MENGANTISIPASI HAL TERSEBUT, TIDAK BERLEBIHAN KIRANYA HARAPAN MASA DEPAN BANGSA INDONESIA DIPERTARUHKAN KEPADA MEREKA YANG BERPROFESI SEBAGAI GURU.

SEKALI LAGI, SAYA UCAPKAN DIRGAHAYU HARI GURU NASIONAL DAN HUT PGRI KE 65, MAJULAH GURU INDONESIA, MAJULAH NEGERI INDONESIA.

SEMOGA ALLAH SWT, TUHAN YANG MAHA ESA SELALU MELINDUNGI KITA SEMUA DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN NASIONAL, SEKALIGUS MENCATAT APA YANG TELAH KITA LAKUKAN DI DALAM MENDIDIK ANAK BANGSA INI SEBAGAI BAGIAN DARI AMAL KEBAJIKAN.

WABILAHI TAUFIK WALHIDAYAH WASSALAMUA ALAIKUM WR,WB.

 

JAKARTA, 25 NOPEMBER 2010

MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL

ttd

Prof. Dr. Ir. MUHAMMAD NUH, DEA

 
Copyright © 2009. All Rights Reserved.
PEMERINTAH KABUPATEN TOJO UNA UNA
Jl.Tanjumbulu No.1 Ampana Kota, Phone (0464)21007
Fax (0464)21199 Kode Pos 94683 e-mail info@tojounaunakab.go.id
SULAWESI TENGAH
Gunakan Firefox 3.5.x untuk tampilan terbaik